Februari 21, 2010

Pelabuhan Nusantara Dilengkapi Kamera CCTV Canggih

PAREPARE- Pengelola Pelabuhan Nusantara Kota Parepare dalam hal ini Administrator Pelabuhan (Adpel) Parepare melakukan langkah maju. Mengantisipasi kemungkinan terjadinya kejahatan di daerah pelabuhan yang selama ini kerap terjadi di Pelabuhan Nusantara, pihak Adpel mengoperasikan kamera Closed Circuit Television (CTTV) canggih.

Tak tanggung-tanggung, untuk memaksimalkan tujuan pengoperasian kamera yang memang dirancang untuk ditempatkan di daerah-daerah rawan kejahatan ini, pihak Adpel Parepare langsung menempatkan 11 kamera sekaligus, sehingga seluruh areal Pelabuhan Nusantara dapat terpantau. Rencananya, proyek yang didanai oleh pemerintah pusat ini akan diresmikan Guburnur Sulawesi Selatan, bertepatan dengan peringatan HUT Kota Parepare ke-50, tanggal 17 Februari tahun 2010.

Senin (8/2), Walikota Parepare, H. Mohammad Zain Katoe telah melakukan pemantauan awal dan menyaksikan langsung cara kerja dan pengoperasiannya. Zain Katoe menyambut baik dilakukannya pengoperasian kamera CCTV di pelabuhan ini. Menurutnya, dengan semakin meningkatnya aktivitas Pelabuhan Nusantara, pemasangan kamera CTTV tepat dan merupakan kebutuhan.

Kecanggihan marena ini tak hanya pada kemampuannya merekam seluruh aktivitas yang ada di Pelabuhan Nusantara, tetapi juga kemampuannya menampilkan dan memperbesar ukuran gambar hingga ratusan kali lipat. Dengan demikian, obyek yang sekecil apapun dalam areal Pelabuhan Nusantara dapat diperjelas, termasuk papan nama para pekerja dan petugas yang lalu lalang di pelabuhan yang merupakan pintu gerbang warga di kawasan Indonesia Timur yang hendak melintas ke Malaysia dan sejumlah provinsi di Indonesia bagian barat ini.

Kamera CCTV adalah satu alat kompak yang canggih tetapi masih memerlukan bantuan operator yang menjalankannya. Kamera ini banyak dipasang di gedung-gedung perkantoran untuk mengawasi arus tamu keluar masuk serta merekam semua aktivitas yang ada. Dengan demikian, hanya dengan satu alat saja sudah bisa mengatasi puluhan tenaga manusia.

Semua aktivitas pun tidak ada yang terlewatkan satupun, bahkan jika ingin mengetahui rekaman ulang tinggal mengklik tanggal dan waktunya. Jadi ketika ada peristiwa kejahatan, maka polisi dengan cepat akan tahu siapa pelakunya.





0 komentar:

Posting Komentar