Februari 19, 2010

PAREPARE sebagai daerah yang menyandang predikat sebagai kota sejak dilahirkan 17 Februari 1960 silam, seperti kota-kota lainnya di Indonesia tentu harus menerima konsekuensi sebagai sebuah kota. Konsekuensi yang dimaksud yakni peluang dan tantangan sebagai hal yang tak terpisahkan ibarat dua sisi pada keping logam.

Dengan asumsi bahwa pertumbuhan penduduk akan semakin meningkat, sebagaimana perkiraan United Nation Fund for Population Activities (UNFPA, 2007) maka tentu saja Parepare memiliki peluang dari sektor-sektor seperti peluang lapangan kerja baru, mendirikan sarana pendidikan, kesempatan sosial dan budaya, akses transportasi, pelayanan kesehatan, pelayanan jasa, perekonomian dan kesejahteraan, dan lain-lain.

Di sisi lain, Parepare tentu akan diperhadapkan dengan tantangan untuk menata manajemen perkotaan sebagai dampak meningkatnya laju urbanisasi, pertumbuhan penduduk, perubahan ekosistem dan ekologi, polusi udara, kepadatan kendaraan dan semakin menyempitnya jalan.

Parepare yang kembali mendapatkan penghargaan sebagai Kota Sehat tahun 2009 dari Menteri Kesehatan RI, Dr Endang Rahayu Sedyaningsih (Kabinet Indonesia Bersatu I) berupa penghargaan Swadesi Saba Wiwerda Kota Sehat Klasifikasi Empat (Tatanan) telah membuktikan bahwa masyarakat dan pemerintah sukses berkolaborasi untuk mewujudkan kota sehat tersebut.

Visi pembangunan pemerintah yang menginginkan pembangunan Indonesia Sehat 2010 kini telah direalisasikan masyarakat Kota Parepare bersama pemerintahnya. Kota Sehat kini tidak sekadar mimpi bagi Parepare akan tetapi telah menjadi kenyataan yang bisa dinikmati oleh masyarakat Parepare sendiri dan pelancong-pelancong yang berdatangan maupun sekadar melintas di Parepare.

Sebelumnya, sebagai penghargaan atas dukungan dan komitmen penuh untuk mewujudkan kota sehat, Pemkot Parepare juga telah menerima penghargaan tertinggi Bidang Kesehatan dari Menteri Kesehatan yaitu Manggala Ksatria Bakti Husada tahun 2006 dan penghargaan sebagai Kota Sehat Kategori III (Pemantapan) tahun 2007.

Pemerintah Kota Parepare telah mengembangkan dan menjalankan empat tahapan kegiatan menuju Kota Sehat 2010. Tahapan pertama yakni membangun kesadaran masyarakat (public awareness), kedua meningkatkan kesadaran publik, ketiga meningkatkan kepedulian masyarakat, dan keempat menggiring masyarakat untuk menjadikan kesehatan sebagai gaya hidup (lifestyle) yang bukan sekadar dibutuhkan tapi juga diminati.(*)





0 komentar:

Posting Komentar