Maret 07, 2010

Ratusan Turis Mancanegara Serbu Watang Bacukiki


PAREPARE- Sekitar 150 turis mancanegara yang menjadi penumpang kapal pesiar MS Europa mengunjungi Watang Bacukiki Rabu (3/3). Watang Bacukiki ini memang selalu menjadi kunjungan para wisatawan mancanegara terutama bila ada kapal pesiar asing berlabuh di Parepare.

Tak salah memang bila Pemerintah Kota Parepare telah menetapkan Watang Bacukiki ini sebagai desa wisata. Berbagai objek wisata dapat ditemui di sini diantaranya kehidupan tau

lautang dengan, tenunan khas bugis dan berbagai hal lainnya.

Saat tiba di Watang Bacukiki, para turis asing tersebut langsung menyaksikan pelaksanaan acara maulid yang dilaksanakan warga setempat. Mereka pun tertarik melihat batang pohon pisang yang dihiasi dengan telur beraneka warna. Selain itu juga melihat pembacaan barasanji yang memang sering dijumpai dalam pelaksanaan maulid ini.

Selain itu para turis asing itu pun juga melihat perlombaan mallonnga yang dimainkan oleh anak-anak kecil. Mallongga ini merupakan permainan anak-anak bugis menggunakan bambu yang panjangnya sekitar dua meter yang terdiri dua bambu di sebelah kiri dan kanan dan kemudian dipakai berjalan.

Selain itu juga disugukan makanan tradisonla bugis seperti barongko (makanan yang bahan bakunya terbuat dari pisang dan juga dibungkus dengan daun pisang), jompo-jompo,sawella,bandang-bandang dan beberapa makanan bugis lainnya.

Nampaknya Watang Bacukiki ini sebagai desa wisata akan menjadi tempat favorit bagi para wisatawan dalam maupun luar negeri. Setiap kali kapal pesiar berlabuh di Parepare yang membawa turis mancanegara maka Watang Bacukiki selalu akan menjadi objek kunjungan wisata termasuk kedatang Kapal pesiar Costa Allegra yang rencananya bersandar di pelabuhan Parepare pekan depan.


sumber : pareparekota.go.id

0 komentar:

Posting Komentar